Detail Berita | Daftar Berita

Sosialisasi dan Workshop Program Sindikker 2017

September 2017, Makassar - Direktorat Kemahasiswaan Dirjen Belmawa melaksanakan Sosialisasi dan Workshop Program Sistem Informasi dan Pendidikan Dunia Kerja (Sindikker) pada hari Selasa, 12 September 2017. Aula Ridwan Saleh Mattayang, Kopertis Wil. IX menjadi tempat diadakannya kegiatan ini, yang dibuka oleh Dr. Hawignyo, MM selaku Sekertaris Pelaksana Kopertis Wil. IX. Sekitar 100 orang hadir sejak pukul 08.00 yang dimulai dari Sambutan yang diberikan oleh Dr. Didin Wahidin, M.Pd, Direktur Kemahasiswan Kemenristekdikti dan dilanjutkan dengan paparan materi-materi, hingga selesai pukul 13.00 Wita. Tujuan kegiatan ini adalah memperkenalkan website Sindikker yakni http: sindikker.org sekaligus memaparkan cara PTS berkontribusi memberikan data perguruan tingginya salah satu contoh yakni data lulusan dari setiap fakultas/prodi dalam program Sindikker tersebut.

 

Website sindikker merupakan sebuah system yang merangkum dan menganalisa data maupun informasi pendidikan dan dunia kerja. Dalam wawancara singkat dengan Daniel, salah seorang Tim Sindikker, Ristekdikti. mengemukakan bahwa website sidikker bertujuan membuat sistem informasi pendidikan dan ketenakerjaan. Sistem ini dapat memberikan baik informasi kepada pemerintah dalam hal ini Belmawa maupun Perguruan Tinggi, dunia kerja maupun siswa/mahasiswa. Bagi siswa misalnya yang mau  kuliah, program Sindikker berguna untuk melihat PT yang memiliki potensi dan lowongan yang banyak atau sedikit dan jurusan/prodi yang mana yang memiliki lowongan sedikit dan persaingan yang ketat dan tidak ketat.

 

Tim Sindikker Ristekdikti yang ditugaskan dalam kegiatan ini berjumlah 8 orang. Hadir di dalamnya Bapak Rony Rukmana, Kepala Seksi Informasi Sistem Pendidikan dan Dunia Kerja Direktorat Kemahasiswan Dirjen Belmawa Kemenristekdikti, yang menjelaskan melalui wawacancara disela kegiatan ini berlangsung bahwa inti dari program Sindikker adalah mengajak seluruh lapisan masyarakat, khususnya PTN dan PTS untuk memberikan informasi dari sisi kelulusan PT atau mahasiswa aktif kepada dunia industri dan dunia usaha sebagai pihak pengguna lulusan PT. Melalui Program Sindikker lulusan-lulusan PT dipromosikan atau ditawarkan ke perusahaan-perusahaan ditingkat kab/provinsi di seluruh Indonesia serta informasi lowongan pekerjaan bagi lulusan PT dengan bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja Pusat. Menutup wawancara Rony, menyatakan bahwa website program Sindikker dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat dan memperoleh informasi lengkap r Perguruan Tinggi di Indonesia, kebutuhan tenaga kerja dan lain-lain.

Event

Komunitas

Link Pendidikan