Detail Berita | Daftar Berita

Kopertis IX Target 320 Assesor Melalui ToT Penilaian BKD

Nopember 2017, Makassar – Kopertis Wilayah IX mengundang sebanyak 120 orang dosen untuk mengikuti ToT Penilian BKD tanggal 9 November 2017 di Aula Ridwan Saleh Mattayang mulai jam 09.00 pagi hingga pukul 12.00 siang. Kabid Akademik Kemahasiswaan dan Ketenagaan, Ichsan Kasnul Faraby, S.Sos., M.Si membuka kegiatan ini menyatakan kegiatan ini sangat penting karena masih banyak dosen Kopertis Wilayah IX yang belum memiliki NIRA (Nomor Induk Registrasi Assesor).

 

Dr. Hawignyo, MM, Sekertaris Pelaksana mewakili Koordinator Kopertis Wilayah IX dalam sambutannya mengemukakan Kopertis Wilayah IX akan merekomendasikan 320 orang dosen untuk memperoleh NIRA. !20 orang dari PTS di wilayah Sulsel, 100 orang dosen dari PTS di wilayah Sulteng, Sultenggara dan Sulbar dan 100 orang dosen dari PTS di wilayah Sulut dan Gorontalo.

 

Lebih lanjut dijelaskan 320 orang dosen ini merupakan dosen yang telah memenuhi syarat untuk direkomendasikan sebagai assessor karena telah memenuhi syarat yaitu dosen tetap yang masih aktif sudah lulus sertifikasi dosen memiliki jabatan fungsional Lektor pendidikan S3 (Doktor) atau memiliki jabatan fungsional Lektor Kepala pendidikan S2 (Magister) serta ditugaskan oleh Pimpinan Perguruan Tinggi.

 

Target ToT Penilaian BKD agar Kopertis Wilayah IX memiliki assessor penilaian BKD. Oleh karena itu kegiatan ini merupakan kegiatan sosialisasi dan persamaan persepsi tentang penilaian BKD tegas Hawignyo

 

Prof. Dr. Bunyamin Muftah, M.Pd., M.A. Direktur Karier dan Kompetensi SDM, Ditjen Sumber Daya Iptek Dikti, hadir memberikan persamaan persepsi berkaitan penilaian BKD melalui paparan evaluasi beban kerja dosen. Mengikuti persamaan persepsi penilaian BKD merupakan salah satu persyaratan untuk diusulkan ke ristekdikti agar memperoleh NIRA, karena esensi nira sebagai bukti sebagai assessor  tegas Adrianto Santoso, staf Subdit Karier dan Pendidik, Dirjen Karier dan Kompetensi SDM. Hadir dalam kegiatan ini mensosialisasikan aplikasi penilaian BKD.

 

Selanjutnya dijelaskan peran assessor adalah menilai beban kinerja dosen dalam konversi SKS melalui aplikasi penilaian BKD. Seorang dosen mempunyai beban kinerja sebanyak 12 SKS. Melalui rubrik acuan beban kinerja dosen assessor bertugas menilai beban kerja setiap aktivitas dosen mulai pengajaran hingga penunjang yang dinilai dalam bentuk konversi SKS. Seorang assessor dapat menilai BKD dari PT yang sama maupun berbeda apabila disiplin ilmu assessor tersebut tidak sama dengan disiplin ilmu dosen yang dinilai. (fany)

Event

Komunitas

Link Pendidikan