Detail Berita | Daftar Berita

Bimtek Proposal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Juni, 2018, Makassar - Sekitar 100 orang dosen dari berbagai PTS mengikuti Bimbingan Teknis Proposal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan oleh Kopertis IX, Jumat (22/6/2018). Kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari, 22-23/6/2018, di Aula Ridwan Saleh Mattayang, Kopertis Wilayah IX.

Mereka akan dibekali ilmu bagaimana meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat dalam rangka mendapatkan hibah penelitian dan hibah pengabdian masyarakat, demikian disampaikan Abdul Razak, SE, MM, Staf Penanggung Jawab Seksi Ketenagaan Kopertis Wilayah IX.

Sekertaris Pelaksana Kopertis Wilayah IX, Dr Hawignyo, MM dalam sambutannya membuka kegiatan ini, menyatakan melalui pelaksanaan bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah PTS yang dapat menambah kuantitas PTS yang aktif melakukan penelitian.

Dalam 3 tahun terakhir Kopertis Wil.IX telah berhasil meningkatkan jumlah PTS yang dapat berhasil mendapat hibah penelitian. Dari 362 PTS dalam lingkup Kopertis IX yang aktif melakukan penelitian di tahun 2016/2017 adalah 99 PTS danTahun 2017/2018 terdapat 138 PTS, ujarnya.

Hadir sebagai narasumber Koordinator Kopertis IX, Prof Dr Jasruddin M.Si mengenai Kebijakan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Kemenristekdikti. Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa M.Sc tentang Strategi Peningkatan Kualitas Output Penelitian dan Prof Dr scagr Ir Didik Sulistyanto dengan materi Aspek Penting dan Kiat-Kiat Penyusunan Proposal Penelitiandan PPM Kemenristekdikti Tahun 2018/2019.

Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa M.Sc merupakan dosen prodi Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin yang saat ini menjabat sebagai Ketua Akademi Ilmuan Muda Indonesia.

Sedangkan Prof Dr scagr Ir Didik Sulistyanto adalah Tim Reviewer Nasional Kemenristekdikti dan juga dosen Pertanian Universitas Jember.

Prof Jasruddin terkait materi Kebijakan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat mengemukakan bahwa kebijakan pemerintah saat ini adalah bagaimana meningkatkan jumlah penelitian, bagaimana meningkatkan jumlah publikasi dan selanjutnya bagaimana meningkatkan jumlah terapannya.

Peningkatan jumlah terapan penelitian menggunakan prinsip hilirasasi artinya produk-produk penelitian yang dihasilkan dapat dipakai oleh masyarakat sehingga dapat meningkatkan produktivitas-produktivitas dari pemanfaatan hasil-hasil penelitian, terangnya.

Kebijakan Kopertis IX yang merupakan derivasi/turunan darikebijakan pemerintah kata Prof Jasruddin adalah meningkatkan jumlah PTS di lingkup wilayah IX yang berpartisipas idalam kompetisi hibah penelitian.

PTS yang diundang dalam bimtek in iadalah PTS yang dosen-dosennya masih minim melakukan penelitian dengan harapan agar terjadi peningkatan jumlah PTS yang berpartisipasi dalam pengajuan proposal untuk mendapatkan hibah penelitian.

Serta agar penelitian-penelitian yang dilakukan dilingkup Kopertis IX, tidak tercentralize pada PTS-PTS yang telah besar dan berada di kota Makassar, tegasnya. (fany)

 

Event

Komunitas

Link Pendidikan